Sabtu, 20 Desember 2014

TUMBUHAN KUAT DAN BERBUAH MANIS

Terkadang seseorang berada di keadaan yang menyenangkan dan berada di kondisi yang buruk, seperti keadaan tertekan menginginkan sesuatu atau dalam keadaan emosi yang meluap luap, namun kondisi ini sangatlah wajar dalam kehidupan manusia di dunia ini, karena semua manusia di bekali oleh akal dan pikiran oleh tuhannya.
Dalam keadaan apapun kita harus bisa mengendalikannya agar tidak terjadi kerugian didalam diri maupun untuk orang lain, dalam keadaan terhimpit kita harus mengambil sikap yang cukup bijaksana yaitu dengan bersabar seseorang akan terkendali akal dan emosinya.
Arti dari sabar yaitu suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Namun terkadang manusia melupakan hal menahan diri atau mengkontrol emosinya pada saat dia dalam keadaan yang sulit, hal ini yang dapat menyebabkan tingkat stres otak akan meningkat dan akan berpengaruh terhadap kehidupan sehari hari.
Sabar juga membutuhkan waktu dan tenaga, seperti kita menginginkan sesuatu tetapi itu membutuhkan proses yang berlamaan, dan di dalam proses itulah terdapat tenaga kita yang di keluarkan. Sabar memang ada batasnya, karena tergantung kita mengukur dari mana sikap kesabaran kita.

Sabar juga akan berbuah manis ketika kita memeliharanya dengan baik, ketika kita menahan emosi atau kita bersabar dalam menghadapi sesuatu, kita akan mendapatkan timbal balik seperti yang kita lakukan tersebut. Jangan hiraukan omongan orang pada saat kita bersabar, karena itu akan mengacaukan semuanya. Sabar juga merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Terkadang kita menginginkan sesuatu namun itu hal yang sangat membutuhkan kesabaran yang tinggi dan kita selalu mengatakan dalam hati untuk sabar, hal ini memang banyak sekali godaannya seperti apa bentuknya pasti kita akan mengetahuinya, tapi sekali lagi kita ingat bahwa kesabaran adalah suatu tumbuhan yang berbuah manis, dan kesabaran mencerminkan kita seberapa kokohkah jiwa kita dalam berpendirian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar