Sabtu, 20 Desember 2014

AKU DAN HOBI

Semua orang pasti ingin memiliki harinya dengan sesenang mungkin, karena kesenangan itu ada yang mudah di dapat dan ada yang didapatkannya dengan sulit atau membutuhkan waktu yang lama, dan hobi adalah suatu sarana untuk mendapatkan kesenagan secara batiniyah. Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby".
Dengan senang hati pasti seseorang melak
ukan hobinya, dan setiap orang memiliki hobi yang berbeda beda dan cara yang berbeda beda untuk mendapatkan kesenangan tersebut, ada yang berhubungan dengan olahraga, musik, seni rupa, dan lain-lain. Kesenangan memang obat untuk berkehidupan yang nyaman, dengan itu manusia dengan berbagai caranya melakukan hobinya dengan tidak melanggar norma yang ada.
Dengan hobi seseorang juga bisa mendapatkan uang, dan seseorang bisa berkarir dengan hobinya, inilah yang dinamakan bekerja namun menyenangkan lahir dan batin. Tentunya dengan karya yang bagus dan indah itu bisa di apresiasi oleh orang, dan bisa dinikmati orang lain.
Ada hal yang menghalangi seseorang untuk berkembang dengan hobinya yaitu cara orang tua yang tidak mengetahui perkembangan anaknya, dan tidak tahu apa yang harus mereka lakukan, seharusnya orang tua sudah mengetahui perkembangan hobi anaknya sejak dini, agar anak tersebut memiliki hobi yang berbuah manis, karena jika anak tidak di fasilitasi untuk mengembangkan hobinya pasti mereka akan putus asa dan merasa tertekan dengan keadaanya, dan kembali lagi dengan arti hobi itu sendiri adalah sarana untuk mendapatkan kesenangan secara batiniyah.
Dengan pemahaman orang tua yang cukup dan mengetahui hobi anak sejak dini pasti anak tersebut akan memiliki kehidupan yang menyenangkan dengan hobinya terlebih jika anak tersebut bisa menghasilkan karya yang berkualitas. Di Amerika hobi si anak memang sangat di perhatikan dan di bimbing terus oleh orang tuanya, sehingga mereka memiliki karya yang berkualitas di dalam bidangnya, dan dalam pemberian bimbingan ini orang tua harus memberikan arahan yang pas untuk masa depannya, mereka berkarya tidak setengah-setengah mereka berkarya secara semua kemampuannya.
Pendidikan juga harus memiliki sifat yang sama namun tetap dalam sebuah aturan sekolah, dimana sebuah sekolah harus mengembangkan sebuah bakat yang ada didalam siswanya agar mereka memiliki kesenangan dalam hal belajar, karena sesuai dengan masyarakat Indonesia yang kebanyakan menganut paham yang idealis yang artinya orang melihat segala sesuatu sesuai dengan keyakinan yang dianutnya, orang idealis berpandangan lurus dan cenderung kaku. orang seperti ini ingin agar apa pun yang dia lakukan harus dengan cara yang sesuai untuk mencapai tujuanya, sehingga kalau tujuan tersebut dicapai dengan cara lain maka itu tidak ideal. Sehingga orang hidup dengan tidak berpendidikan atau bersekolah itu tidak idealis.

Betapa indahnya jika kita memiliki kesenangan di setiap harinya, hanya dengan kita memiliki hobi saja mungkin itu sudah cukup. Teruslah berkarya kawan, jangan terpatahkan dan tetaplah semangat, karena kehidupan ini hanya untuk mencari proses kebahagiaan di akhirat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar