Sabtu, 20 Desember 2014

BIOGRAFI

Pernakah anda membaca biografi ? biografi biasanya bercerita tentang riwayat seseorang. Istilah biografi berasal dari bahasa yunani yaitu biographia. Pengertian biografi terbentuk karena dua gabungan kata bios artinya hidup, sedangkan graphaen artinya manusia. Biografi juga dapat berarti cerita tentang hidup seseorang yang ditulis oleh oranglain. Sedangkan jika ditulis oleh diri sendiri disebut autobiografi. Biografi juga bisa dipublikasikan dalam bentuk buku, film, ataupun program televisi.

1)      Struktur teks biografi :
·         Yang disebut dengan Orentasi ialah pengenalan tokoh, berisi gambaran tokoh atau pelaku dalam teks biografi.
·         Yang dimaksud dengan peristiwa atau masalah adalah bagaimana peristiwa  atau kejadian yang di alami tokoh seperti masalah yang dihadapinya dalam mencapai tujuan dan cita-cintanya. Hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan yang dialami tokoh.
·         Sedangkan yang disebut dengan Reorientasi atau sering disebut dengan bagian penutup ini berisi pandangan  penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional boleh ada boleh juga tidak ada.

2)      Unsur kebahasaan dalam Teks Biografi :
·         Kata hubung atau kata sambung sering disebut juga dengan konjungsi, ialah kata yang berfungsi sebagai penghubung, antara satu kata dengan kata lain dalam satu kalimat. Selain itu kata penghubung juga berfungsi untuk menghubungkan kalimat dengan kalimat.
·         Merujuk kata ialah
·         Kata kerja misalnya kata kerja verbal yang menyatakan tindakaan seorang tokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar